Merawat Cat Motor

Penampilan sepeda motor memang perlu diperhatikan agar kita tidak malu dan merasa percaya diri saat mengendarainya. Perawatan body motor sebenarnya perlu juga disamping perawatan mesin motor, hal ini agar motor terlihat tampak seperti baru. Selain itu perawatan body motor juga akan membuat harga jual motor tidak terlalu jauh dari harga barunya. Selain mesin motor salah satu hal yang diperhatikan oleh orang ketika akan membeli sepeda motor bekas adalah kelengkapan body serta cat motor. Sepeda motor bekas yang mempunyai warna cat masih terawat biasanya akan memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga motor bekas yang cat motornya tidak terawat. Karena orang biasanya tertarik pada apa yang pertama dilihat dari sepeda motor yang akan dibeli, dalam hal ini bagian yang sering pertama dilihat oleh calon pembeli adalah body serta catnya.

Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap cat motor diantaranya adalah sabun untuk mencuci motor, sinar matahari dan lain-lain. Menjaga warna cat sepeda motor agar tetap mengkilat sebenarnya mudah untuk dilkaukan serta bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun karena ketidaktahuan membuat orang salah dalam merawat cat motor. Berikut beberapa ulasan mengenai faktor serta cara perawatan cat motor agar selalu tampak mengkilap :

  • Pencucian menggunakan sabun motor, banyak para pemilik sepeda motor ketika mencuci sepeda motor menggunakan sabun colek ataupun sabun detergen. Menggunakan sabun detergen atau sabun colek memang cukup efektif untuk mengangkat kotoran yang menempel pada motor. Namun karena peruntukkannya yang tidak sesuai justru akan memberikan dampak negatif terhadap cat motor. Karena sabun colek dan sabun detergen memiliki kandungan kimia yang keras sehingga akan merusak cat motor.

Sabun untuk mencuci sepeda motor disarankan menggunakan sabun khusus untuk sepeda motor atau jika tidak ada bisa juga menggunakan shampoo, karena kandungan zat kimia yang terdapat pada shampoo tidak sekeras kandungan zat kimia pada sabun colek ataupun sabun detergen sehingga penggunaan shampoo untuk mencuci sepeda motor tidak membahayakan warna cat motor.

  • Pengeringan, setelah selesai mencuci sepeda motor, tahap berikutnya yang harus diperhatikan untuk menjaga cat sepeda motor agar tetap mengkilat adalah proses pengeringan. Karena proses pengeringan yang tidak sempurna akan menimbulkan bercak air yang dapat merusak cat motor sehingga akan menyebabkan timbulnya noda air dan jamur yang nantinya akan sulit dibersihkan. Maka dari itu, saat proses pengeringan harus sempurna, selalu gunakan kain lap yang baik menyerap air namun tidak menggorek cat motor. Salah satu kain lap yang dianjurkan untuk mengeringkan body motor adalah kanebo yang memiliki permukaan kain yang halus namun bagus dalam menyerap air. selalu gunakan kanebo yang bersih agar permukaan cat tidak tergores dan kering dengan sempurna.
  • Hindari parkir di tempat terbuka, parkir di tempat terbuka akan mengakibatkan sinar matahari langsung mengenai cat motor. Jika sinar matahari langsung terus menerus mengenai motor maka akan menyebabkan cat motor Anda menjadi cepat bladus. Sebaiknya ketika akan memarkir sepeda motor pilihlah tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, seperti di bawah pohon atau juga tempat parkir yang memiliki atap sehingga sinat matahari tertahan lebih dahulu.
  • Tidak terlalu sering menggunakan cairan pengkilap motor, menggunakan cairan untuk membuat cat menjadi kinclong memang dapat membuat warna cat akan kembali mengkilat seperti baru. Namun jika terlalu sering digunakan cairan pengkilap ini juga dapat mengikis warna cat motor yang tentunya akan membuat warna cat motor menjadi pudar. Sebaiknya penggunaan cairan pengkilap ini disesuaikan dengan kondisi yang dibutuhkan agar tetap menjaga warna cat motor.
  • Tidak banyak memasang gambar tempel atau stiker, sebenarnya pemasangan gambar tempel atau stiker untuk memperindah tampilan sepeda motor menjadi suatu hal yang lumrah untuk dilkukan, namun jika terlalu banyak justru akan mebuat motor terkesan norak dan juga jika stiker atau gambar tempel itu dicabut maka akan menimbulkan bekas dan mengangkat lapisan pelindung cat sehingga body motor terkesan kusam.

Sekian tips untuk merawat warna cat motor, semoga bermanfaat!.

Jika Anda menginginkan informasi mengenai jaket motor, konveksi jaket motor atau jaket motor touring kunjungi website kami di http://jaketadrenalin.com/

About these ads

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: