Perlunya Merawat Tangki Motor

ADN-Helium-Abu1Tangki motor merupakan salah satu bagian sepeda motor yang penting namun jarang diperhatikan oleh para pengendara. Jika dilihat kebanyakan orang biasanya hanya fokus pada perawatan mesin dan body motor saja dan mengabaikan perawatan tangki motor. Hal ini mungkin karena banyak orang menganggap tidak perlu untuk merawat tangki motor atau ada juga orang yang memang tidak tahu bagaimana cara merawat tangki motor.

Sebenarnya sama dengan bagian lain dari sepeda motor, tangki motorpun perlu perwatan jika tidak maka akibatnya tangki akan bocor. Kebocoran tangki ini biasanya disebabkan adanya pengkaratan di dalam tangki, mungkin sebagian orang mempertanyakan, bagaimana bisa tangki motor berkarat, kan isisnya adalah bensin yang bisa berfungsi menghilangkan karat? Memang benar bensin dapat menghilangkan karat namun kadang tangki motor suka kemasukan oleh air, prosesnya bisa dari rembesan air hujan untuk motor lelaki/motor sport yang tutup tengkinya sudah kurang bagus, atau bisa juga bensin yang diisikan ke dalam tangki mengandung air sehingga ikut masuk ke dalam tangki. Karena sifat air yang tidak bisa bersatu dengan bensin biasanya air akan mengenai dinding tangki motor yang lama kelamaan akan menyebabkan korosi atau karatan. Dan jika karatan dibiarkan maka akan timbul kebocoran pada tangki motor.

Merawat tangki motor sebenarnya relatif mudah untuk dilakukan bahkan bisa dibilang simple yaitu cukup dengan menggunakan magnet yang diikat kemudian masukkan ke dalam tangki. Karena sifat magnet yang menarik benda logam, secara otomatis menarik karat yang ada di dalam tangki. Namun jika terlanjur terjadi kebocoran pada tangki, apa boleh buat? Maka tentu saja kita lekas memperbaikinya, adapun tips-tips memperbaiki kebocoran pada tangki motor ada beberapa hal diantaranya adalah sebagai berikut :

– Jika bocor pada bagian bawah dapat menggantinya dengan plat yang berbahan Galvanis, kemudian pada bagian dalam tangki dicat dengan menggunakan cat poksi anti karat.

– Jika ada lubang dapat menggunakan plastic steel, jika lubangnya terlalu besar dapat menggunakan fiber woven dan resin terlebih dahulu pada permukaan yang akan dilem. Butuh biasanya waktu sekitar 6 jam untuk menunggu sampai kering.

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: