Tips Perawatan Pada Motor

Riders mana yang tidak mau motornya sepeti baru lagi, selain mempunyai nilai estetika yang baik motor yang terawat pun akan nyaman saat digunakan bepergian dan menambah rasa percaya diri saat menungganginya apalagi ditambah memakai helm dan jaket motor bermerk. Namun ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam merawat motor agar tidak selalu sering dibawa ke bengkel kecuali service rutin setiap 3 bulan sekali apalagi motor yang sudah dipakai jarak jauh biasanya harus segera di cek mungkin ada beberapa komponen yang sudah tidak bekeja dengan optimal.

Dengan perawatan yang dilakukan secara teratur motor yang lama akan terasa seperti baru baik itu dari segi fisik dan performa. Berikut ada beberapa tips perawatan pada motor agar selalu terasa seperti motor baru :

Cek Kondisi Oli

Oli merupakan bagian yang penting dalam motor yang berguna untuk melumasi saat komponen-komponen  mesin bekerja serta melindungi komponen-komponen tersebut dari gesekan yang berat yang dapat menyebabkan kerusakan. Biasanya bila motor sesudah dibawa jarak jauh seperti pulang pergi antar kota, oli mesin akan cepat menjadi encer dan berkurang daya lumasnya sebaiknya kita cepat mengganti oli tersebut dengan yang baru bila dibiarkan komponen-komponen mesin akan cepat rusak dan motor pastinya tidak nyaman dipakai saat dibawa ngebut.

Cek Kondisi Aki

Jangan biarkan accu (aki) yang sudah melemah terus menerus dipakai karena dapat mengakibatkan korosi (serbuk putih ) pada kutub positif dan negative dan bisa menjalar ke kabel-kabel  yang mengubungkan ke komponen-komponen lain seperti dynamo,  saluran lampu dan lain-lain.

Sebaiknya bila accu sudah mulai melemah segera cek bila cairan sudah habis kita perlu mengisinya dan perlu di strum kembali agar daya listrik pada accu kembali normal. Bila accu motor anda sudah lemah cepat bawa ke bengkel-bengkel terdekat karena bila menghidupkan motor dengan memaksa mendorong sepeda motor dan langsung memasukkan gigi hanya akan merusak gigi transmisi pada mesin.

Periksa Rantai dan Gear Belakang

Rantai merupakan alat untuk meneruskan putaran dari mesin menuju roda, bila rantai kering biasanya akan mudah putus sebaiknya lumasi menggunakan oli bekas atau pelumas khusus rantai dengan harga yang terjangkau agar pergerakan rantai lancar dan menghindari putusnya rantai saat motor berjalan. Serta setting rantai motor supaya tidak terlalu kendor karena memudahkan rantai lepas dan tidak kencang sekali hanya membuat rantai bisa putus dengan tiba-tiba.

Gear belakang juga perlu diperhatikan, bila gerigi pada gear sudah tajam dapat menyebabkan rantai putus dengan tiba-tiba. Bila gear belakang sudah tajam sebaiknya harus cepat diganti dengan yang baru.

Periksa Kabel Koil dan Busi

Kabel yang mengubungkan koil pada busi sebaiknya di cek, bila kabel sudah jelek dan berumur sebaiknya ganti dengan yang baru dan periksa juga busi, tetapi ingat busi racing tidak terlalu berpengaruh pada motor standar sebaiknya bila mengganti busi cukup dengan rekomendasi pabrikan saja.

Perhatikan Selang Bensin

Lihat bila selang bensin sudah menjadi keras dan ada retakan-retakan sebaiknya perlu diganti dengan yang baru dan elastic karena jika kotoran yang berasal dari selang masuk ke karburator dapat menyebabkan penyumbatan dan pemenggu system pembakaran.

Panaskan Mesin Paling Lama 2 Menit

Panaskan motor minimal 3 menit agar oli mesin dapat melumasi seluruh komponen-komponen mesin bila motor tidak akan dipakai.

Periksa Tekanan Angin Pada Ban

Hal yang satu ini biasanya sering dihiraukan oleh orang-orang, hal sepele ini bisa menyebabkan kecelakaan di lalu lintas dikarenakan saat berbelok bila tekanan angin pada ban kurang akan membuat motor menjadi oleng selain itu konsumsi bahan bakar akan menjadi sedikit boros karena motor tidak melaju dengan lancar atau normal. Selalu cek tekanan angin pada motor saat sebelum bepergian jauh agar perjalanan menjadi nyaman.

Gunakan Selalu Spare Part Asli Pabrikan

Sebaiknya gunakan Spare Part yang original karena sudah terbukti kualitasnya meskipun harga sedikit mahal dari produk-produk local atau non-original. Lebih baik membeli harga yang sedikit mahal dan tahan lama dibandingkan yang murah tetapi kualitas tidak menjamin dan sering gunta ganti spare part.

Cek Baut Pada Bodi Motor

Baut-baut pada baodi motor biasanya tidak terasa akan longgar dengan sendirinya diakibatkan getaran yang dihasilkan oleh motor. Bila sesudah mencuci atau membersihkan motor coba cek baut-baut pada body karena baut yang tidak kencang pada body akan membuat body menjadi bergetar bila motor dinyalakan dan akan menggangu ketenangan saat berkendara.

Tidak susah bukan cara merawat motor agar selalu dalam kondisi prima, selain performa motor tetap terjaga tampilan motor juga harus dirawat agar terlihat seperti baru, dan gunakalanlah selalu perlatan safety riding seperti helm, jaket motor atau jaket touring atau anda yang sudah bergabung dengan club motor mungkin jaket club motor dapat menambah kharisma saat menunggangi motor idaman anda.

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: